Minggu, 29 Juli 2012

Sejarah Australian dan Oceania, Polinesia; American Samoa, Cook Island, French Polynesia, Hawai, New Zealand

Diposting oleh Unknown di 07.31


BAB I
PENDAHULUAN
  • Latar Belakang
Bangsa Polinesia adalah orang yang tinggal di pulau-pulau di tengah Samudera Pasifik pada daerah kepulauan segitiga yang terdiri dari Hawaii sampai ke Pulau Paskah dan Selandia Baru. Diperkirakan Ada 10.000 pulau di Polinesia dan timur Pasifik lainnya dengan ratusan budaya yang berbeda, masing-masing mempunyai sejarahnya sendiri. Berdasarkan bahasa yang dipergunakan oleh ras Polinesia ini kurang lebih berjumlah 16 bahasa yang berasal dari satu rumpun, antara lain Samoa, Tonga, Tahiti, Hawaii dan Maori.

Lanjut yak...
Bayak pulau Polinesia yang diperkirakan telah ditempati sejak 40.000 tahun lalu oleh orang-orang dari Asia Tenggara. 2000 tahun lalu, pendatang gelombang kedua bergerak ke arah timur dari Fiji, Samoa, dan Tonga menuju Pulau Marquesas. Para pendatang menyebrangi lautan dengan perahu kano kecil. Sekitar tahun 400, bangsa Polinesia Baru pindah ke Hawaii dan Pulau Paskah. Penduduk Pulau Paskah menciptakan patung batu unik yang dinamakan moai, dipahat dengan alat dari batu.

·         Rumusan Masalah
  1. Negara apa saja yang termasuk kedalam polinesia??
  2. Bagaimana perkembaangan tentang sistem pemerintahan dan politik di Negara-negara tersebut??

  • Tujuan
  1. Untuk menambah wawasan tentang Negara-negara yang termasuk kedalam bangsa polinesia
  2. Pembahasan mendalam yang terkait asal-usul, pemerintahan, sejarah dan kebudayaannya.

BAB II
PEMBAHASAN
1.     American Samoa (Samoa Amerika)

-        Lokasi Samoa Amerika

Samoa Amerika (bahasa Inggris: American Samoa), juga disebut dengan Samoa Timur, adalah sebuah wilayah tak terorganisasi dan terpisah milik Amerika Serikat yang berada di bagian selatan dari Samudera Pasifik, di timur negara Samoa.
Populasinya pada 2003 berjumlah 70.260 jiwa dengan kepadatan penduduk 353/km².

-          Sejarah Samoa
Samoa diketemukan oleh seorang Belanda yang bernama Jacob Roggeveen pada tahun
1722. Bentuk negara saat itu adalah Kerajaan Samoa. Pada abad ke 19 bagian-bagian dari kerajaan ini dipecah dan menjadi rebutan antara Inggris, Jerman dan Amerika Serikat.
Raja yang berkuasa saat itu adalah Raja Malietoa Laupepa yang meninggal pada tahun 1898 dan diganti oleh Malietoa Tooa Mataafa. AS dan Inggris seperti kebiasaan saat itu, dengan latar belakang politik dan ekonomis demi kepentingan mereka sendiri mendukung Malietoa Tanu, putra dari alm raja Laupepa. Pada tanggal 15 maret 1899, kapal2 A.S. dan Inggris menghujani ibu kota Apia dengan bom-bom.
Pada perjanjian Samoa Tripartiete Convention akhirnya diputuskan membagi kepulauan-kepulauan Samoa menjadi tiga bagian. Inggris mendapatkan bagian dari Samoa yang dinamakan Salomons Islands, AS mengambil bagian yang dinamakan Samoa Amerika (American Samoa), sedangkan Jerman mendapatkan bagian yang sekarang menjadi Samoa merdeka.
Bentuk kerajaan seperti saat itu akhirnya dihapus. Baru sekitar tahun 1908 penduduk mulai memberontak melawan pemerintahan Jerman. Baru setelah Jerman terlibat PD I, Selandia Baru mulai menyerbu Samoa Jerman ini. Jerman sendiri yang saat itu terlibat Perang di Eropa tidak mempunyai tentara yang mempertahankan pulau ini sehingga akhir nya menyerah dan diambil alih oleh Selandia Baru sampai adanya perjanjian Versailles di mana Samoa menjadi territorial mandat dari PBB. Pada pada tanggal 1 Januari 1962 mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya dan sekaligus merupakan Negara bebas Polinesia yang pertama pada abad ke 20.
Letak Samoa berada di sebelah timur dari dateline disebelah selatan dari garis katulistiwa, di antara Selandia Baru dan Hawaii.
Samoa sendiri terdiri dari dua pulau besar Upolu and Savai' dan delapan pulau-pulau kecil di selat Apolima (Manono Island, Apolima en Nu'ulopa), dan empat kepulauan Aleipata di sebelah timur dari Upolu (Nu'utele, Nu'ulua, Namua, en Fanuatapu), dan pulau kecil sekali Nu'usafe'e yang luasnya belum ada 0,01 km², di sebelah selatan dari Upolu.
75% dari penduduk tinggal di pulau utama Upolu. Di mana ibu kota Apia juga berada. Iklimnya adalah tropis, dengan temperatur rata-rata sepanjang tahun sekitar 26,5 °C.
Seperti juga dengan Indonesia, musim hujan berlangsung dari Nopember sampai April. Savai'i adalah pulau yang terbesar dari Samoa dan ke enam dari semua pulau-pulau di Polinesia, sedangkan jumlah penduduk hanya sekitar 42.000 orang.


2.     Cook Island (Kepulauan Cook)

:Maori dan Inggris
 - 
 - 
Dari Britania Raya                       : 4 Agustus 1965



 - 
Total
:240 km2 (206)
 - 
Air (%)
:1
 - 
Perkiraan 2010
:18.723 (218)
 - 
Sensus 2006
:19,569 
 - 
:76/km2 (124)
PDB (KKB)
:Perkiraan 2005
 - 
Total
:$183.2 juta 
 - 
:$183.2 
:Dolar
:(
Dolar selalu digunakan) (NZD)
:(UTC-10)
.:ck
:682








Kepulauan Cook adalah sebuah pemerintahan-sendiri parlementer demokrasi dalam asosiasi bebas dengan Selandia Baru. Kelima belas pulau di selatan Samudra Pasifik ini memiliki luas wilayah 220 km². Ibu kotanya adalah Avarua yang terletak di Rarotonga, pulau terbesar. Pariwisata menyetir ekonomi pulau ini sebagai industri nomor satu, jauh di atas perbankan, mutiara, kelautan dan ekspor buah-buahan. Jenis seni populer pulau ini adalah tivaivai, serupa dengan quilt. Kepulauan Cook juga dinamakan sesudah Captain James Cook dari Inggris.

3.     French Polynesia (Polinesia Perancis)







 - 
Total
:4.167 km2 (173)
 - 
Air (%)
:12
 - 
Perkiraan -
:- (-)
 - 
Sensus 2007
:259,596 
 - 
:62/km2 (130)
PDB (KKB)
Perkiraan -
 - 
Total
:- (-)
 - 
:- (-)
:(UTC-10)
:pf
:689
Polinesia Perancis adalah sebuah komunitas seberang laut (collectivité d'outre-mer/COM) Perancis yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Wilayah ini menikmati status otonomi yang lebih tinggi di antara COM-COM lainnya. Terhitung Februari 2004, wilayah ini juga menyandang status negara seberang laut (pays d'outre-mer) yang bersifat non-legal.
Polinesia Perancis terdiri dari beberapa gugus di Kepulauan Polinesia, di antaranya Pulau Tahiti yang termasuk dalam Kepulauan Society. Papeete, ibu kota Polinesia Perancis, berada di Tahiti.

4.     Hawaii

:Honolulu
Area 
 - Total
:28,311 km²
 - Lebar
:n/a km
 - Panjang
:2,450 km
 - % perairan
:41.2
 - Lintang
:18° 55′ N to 28° 27′ N
 - Bujur
:154° 48′ W to 178° 22′ W
 - Total (2000)
:1.,295.178 (2010)

$63,746 (ke-5)

 - Titik tertinggi
Mauna Kea
4,205 m
 - Rata-rata
925 m
 - Titik terendah
:21 Agustus 1959 (ke-50)






Pulau Hawai - Negara Bagian Amerika Serikat

Kondisi Alam di Pulau Hawai

Kepadatan Penduduk di Pulau Hawai

Pulau Hawai yang Indah dan Menawan

James Cook Menginjakkan Kaki di Pulau Hawai




5.     New Zealand (Selandia Baru)

A.    Penduduk Asli Selandia Baru

      Selandia Baru pertama kali di temukan oleh seorang nahkoda bernama Kupe yang telah melakukanperjalanan dari Hawaiki di Pasifik Tengah kurang lebih 1000 tahun yang lalu .Perjalanan Kupe dalam menangkap burung mao yang merupakan makanan utama mereka dan mencari dunia baru.Rombongan itu menemukan burung Mao yang banyak terdapat di Selandia Baru.Merekapun memutuskan untuk menetap di daerah sana dan menjulukinya Aotearoa yang berarti “negeri awan putih bergerak”.Suku pendatang inipun di namani suku maori sebagai penduduk asli Selandia Baru.

-          Teori Asal –usul Suku Maori:

1. Teori menyebutkan bahwa mereka berdarah kaukasus dan melayu yang masih termasuk ras indo German atau ras Polynesia.
2. Teori Dahl ,berpendapat bahwa bangsa Polynesia telah datang dari arah lain yaitu Asia tenggara .Penyebaran mereka sendiri di bagi menjadi tiga kelompok ,yaitu sebagian menempati Hawaii ,Pulau Paska dan ke selatan Selandia Baru.
3. Berdasarkan penelitian Thro Heyerdhal pada tahun 1949 yang mencoba mengungkap perjalanan bangsa Polynesia menyebutkan bhwa telah terjadi pelayaran dari pantai Amerika Selatan menyeberangi Samudera Pasifik sampai kawasan Pasifik sekarang.
              Teori yang menyatakan adanya kesamaan ketiga bangsa tersebut di dukung oleh para Arkeolog dan etnologi .Para Arkeolog menemeukan alat –alat kuno ,barang perhiasan dan banyaknya mitos serta legend DI Selandia  Baru serupa dengan di pulau –pulau yang di huni orang Polynesia.

-          Kebudayaan Suku  Maori

1). kebudayaan Maori  tanah (budaya rumah Maori ),Peradaban mereka masih sangat primitive tetapi lebih maju di bandingkan orang Aborigin.Kehidupan mereka berpindah –pindah ,tetapi dengan seiring berkurangnya persedian makanan ,suku Maoripun menetap dan bercocok tanam .
2). Makanan pokok mereka ialah Kumara (kentang kecil manis)dan buah –buahan .Kebutuhan akan kumara dan buah menyebabkan mereka mengembangakan perkebunan serta system penyimpanan yang baik.
3). Setelah menetap Perkembangan kebudyaann suku Maoripun Nampak mambangaun perkampungan –perkampungan dengan benteng –benteng untuk pertahanaan ,membersihkan tanah untuk berladang dan hasilnya di simpan untuk keperluan bersama dan waktu yang lama.
4). Setiap suku memiliki kepala suku yang di sebut Rangatira.Sebagian besar mereka hidup di daerah gunung berapi yang memiliki sumber air panas untuk keperluan hidup.
5). Marae yaitu tempat pertemuan dan tanah sekitarnya merupakan kehidupanan masyarakat suku maori,bentuknya seperti rupa manusia dan diberi nama salah satu leluhur mereka .
6). Mana (tempat pemujaan orang mulia ) hal ini yang menjadi penyebab perang antar suku.
7). Kebiasaan mengukir dan menganyam suku maori ,mengukir adalah seni bagi orang laki-laki dan anyaman di kerjakan oleh perempuan
8). Kepercayaan suku maori ialah Polyteisme ,namun setelah kedatangan misi penyebaran agama Kristen yang di bawa oleh Samuel Mars Deeen 1814 pastur  gereja Anglikan penduduk suku Maori tertarik dengan ajaran Kristen.

B.     Potensi Selandia Baru

          Selandia Baru memiliki kekayaan Laut yang sangat banyak terutama ikan Paus dan anjing laut .Perdagggangan Selandia Baru termasuk ramai dan berkembang pesat dan penduduk aslipun ikut terlibat dalam kegiatan ekonomi .
Pada tahun 1839,seluruh Selandi Baru terjadi perkembangan .Berbagai tanamaan di kembangkan di pulau selatan ,seperti : Padi –padian dan Gandum .
             Tahun 1960 di temukan emas id Pulau selatan yang mengakibatkan para pencari emas berebutan . Sedangkan Pulau di Utara di kembangkan untuk sapi perah yang di lakukan oleh Inggris.
             Para penjajah Inggris berhasil membeli tanah dengan harga murah.Karena,waktu itu belum ada hukum yang mengatur tingkah laku orang berkulit putih dengan suku Maori. Mereka mendirikan perkampungan terpisah dari suku maori,lambat laun terjadi kesenjangan sehingga konfrontasi terbuka antara penduduk suku maori dengna orang inggris ,tanha milik Maori di beli secara paksa yang menyebabkan hilangnya identitas pribadio Maori.
            Pemeirntah Inggris mengambil tindakan untuk mengakhiri kekacauan ini sehingga pada tanggal 6 Februari 1840 terjadi kesepakatan Selandia Baru di jadikan daerah crown colony of the great Britain ,isi perjanijiannya SBB :
-          Bangsa Maori menyerahkan hak kekuasaan kepada Ratu inggris untuk membuat undang-undang
-          Maori akan tetap mempunyai hak tunggal sepenuhya yang tidak dapat di ganggu gugat.Bila Maori menjual tanah hanya kerajaan Inggris yang membeli .
-          Bangsa Maori di jamin mempunyai hak seperti warga Inggris .
Pada tahun 1841 ,kapten wililam Hab Soon di angkat Gub.jenderal pertama di Selandia Baru ,Pemerintahannya berkedudukan di Auckland kemudian di pindahkan ke Wlilngton yang kini menjadi ibu kota.Perkembangan Selandia Baru sangat pesat sehingga para imigran eropa dari athun ke tahun semakin meningkat .

C.    Sistem Politik di Selandia Baru

-          Wilayah Selandia baru di bagi 6 provinisi,ibu kota negaranya di Welington .Sistem pemrintahannya ialah Parlementer yang mirip Australia .Pemilhan Umum di laksankan 3 tahun sekali untuk memilih DPR dan Gub.Jendral ,Perdana menteri di pilih dari partai Mayoritas di DPR.Perdana Menteri juga memimpin Badan Eksekutif .
-          Badan Yudikatif Selandia Baru ,bersifat pengadilan bebas,bentuknya yaitu pengadilan Tinggi dan Pengadilan rendah ,serta terdapat panita peradialn majelis pribadi.
-          Politk Luar Negeri lebih banyak dalam rangka mendukung politik dalam negeri.Mereka berhubungan dengan negara –negara di Seluruh Dunia.Termasuk Indonesia dalam membangun kerja sama ASEAN ,hubungan kerjasama ekonomi ,hubungan pertahan dan keamanan seperti di lakukannya latihan-latihan bersama prajurit Selandia Baru –Indonesia .hal ini karean ,Selandia Baru menganggap pentingnya posisi Inodnesia dalm garis pertahan mereka terhadap kawasan utara yaitu Asia Tenggara.

6.     Niue
Wilayah
 – Total
 – % air

 260 km²
 0
Penduduk
 – Total (
2006)

 2.166
Didirikan
 – Tanggal
UTC -11
683
.nu

Niue adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik Selatan yang dijuluki "Karang Polinesia". Walaupun memiliki pemerintahan tersendiri, Niue berasosiasi secara bebas dengan Selandia Baru. Ini berarti pemimpin Selandia Baru juga berstatus sebagai kepala negara Niue, dan kebanyakan hubungan diplomatik Niue diatur oleh sang negara induk. Niue terletak 2.400 km sebelah timur laut Selandia Baru.
Walaupun pulau ini merupakan salah satu bagian dari New Zealand tetapi pulau ini mencetak uang mereka sendiri yaitu Nieu Dollar dan disaat yang sama mereka menggunakan Dollar Selandia Baru. Pulau berpopulasi 1.398 orang dan memiliki beberapa desa dengan desa terbesarnya yaitu desa Hakupu dan ibukota pulau ini adalah Alofi.


7.     Pulau Paskah
Pulau Paskah merupakan sebuah pulau dibawah kekuasaan Chili yang terletak di selatan Samudra Pasifik. Walaupun jaraknya 3.515 km sebelah barat Chili Daratan, secara administratif ia termasuk dalam Provinsi Valparaiso. Pulau Paskah berbentuk seperti segitiga. Daratan terdekat yang berpenghuni ialah Pulau Pitcairn yang jaraknya 2.075 km sebelah barat. Luas Pulau Paskah sebesar 163,6 km². Menurut sensus 2002, populasinya berjumlah 3.791 jiwa yang mayoritasnya menetap di ibukota Hanga Roa. Pulau ini terkenal dengan banyaknya patung-patung (moai), patung berusia 400 tahun yang dipahat dari batu yang kini terletak di sepanjang garis pantai.
·         Sejarah Pulau Paskah
Orang yang pertama kali menempati Pulau Paskah adalah keturunan imigran dari Polinesia yang kemungkinan berasal dari Pulau Mangareva atau Pitcairn di sebelah barat. Sejarah pulau ini dapat dihubungkan berkat daftar raja Pulau Paskah yang telah direkonstruksi, lengkap dengan rangkaian peristiwa dan tanggal perkiraan sejak tahun 400. Penghuni asal Polinesia tersebut membawa sejumlah pisang, talas, ubi manis, tebu, bebesaran kertas (paper mulberry) dan ayam. Pada suatu masa, pulau ini menopang peradaban yang relatif maju dan kompleks.
Ahli navigasi asal Belanda Jakob Roggeveen menemukan Pulau Paskah pada Hari Paskah tahun 1722. Roggeveen memperkirakan sekitar 2.000-3.000 orang menghuni pulau ini, tetapi ternyata jumlah penduduk mencapai 10.000-15.000 jiwa pada abad ke-16 dan 17. Peradaban Pulau Paskah telah merosot secara drastis semenjak 100 tahun sebelum kedatangan Belanda, terutama akibat terlalu padatnya jumlah penduduk, penebangan hutan dan eksploitasi sumber daya alam yang terbatas di pulau yang amat terisolasi ini. Namun, hingga pertengahan abad ke-19, populasi telah bertambah hingga mencapai 4.000 jiwa. Hanya berselang waktu 20 tahun kemudian, deportasi ke Peru dan Chili serta berbagai penyakit yang dibawa oleh orang Barat hampir memusnahkan seluruh populasi, dengan hanya 111 penduduk di pulau ini pada 1877. Pulau ini dianeksasi oleh Chili pada 1888 oleh Policarpo Toro. Jumlah penduduk asli suku Rapanui perlahan-lahan telah bertambah dari rekor terendah berjumlah 111 jiwa.
Perlu diketahui bahwa nama "Rapa Nui" bukan nama asli Pulau Paskah yang diberikan oleh suku Rapanui. Nama itu diciptakan oleh para imigran pekerja dari suku asli Rapa di Kepulauan Bass yang menyamakannya dengan kampung halamannya. Nama yang diberikan suku Rapanui bagi pulau ini adalah Te pito o te henua ("Puser Dunia") karena keterpencilannya, namun sebutan ini juga diambil dari lokasi lain, mungkin dari sebuah bangunan di Marquesas.
Peristiwa-peristiwa baru-baru ini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan pada sektor pariwisata, ditambah dengan besarnya jumlah orang yang datang dari daratan Chili sehingga mengancam keidentikan Polinesia di Pulau Paskah. Masalah kepemilikan tanah telah menciptakan ketegangan politik pada 20 tahun terakhir, dengan beberapa suku asli Rapanui menentang properti pribadi melainkan setuju dengan tanah tradisional milik bersama.
·         Kebudayaan di Pulau Paskah
Patung-patung besar dari batu, atau moai, yang menjadi simbol Pulau Paskah dipahat pada masa yang lebih dahulu dari yang diperkirakan. Arkeologis kini memperkirakan pemahatan tersebut berlangsung antara 1600 dan 1730, patung yang terakhir dipahat ketika Jakob Roggeveen menemukan pulau ini. Terdapat lebih dari 600 patung batu monolitis besar (moai). Walaupun bagian yang sering terlihat hanyalah "kepala", moai sebenarnya mempunyai batang tubuh yang lengkap; namun banyak moai yang telah tertimbun hingga lehernya. Kebanyakan dipahat dari batu di Rano Raraku. Tambang di sana sepertinya telah ditinggalkan dengan tiba-tiba, dengan patung-patung setengah jadi yang ditinggalkan di batu. Teori populer menyatakan bahwa moai tersebut dipahat oleh penduduk Polinesia (Rapanui) pada saat pulau ini kebanyakan berupa pepohonan dan sumber alam masih banyak yang menopang populasi 10.000-15.000 penduduk asli Rapanui. Mayoritas moai masih berdiri tegak ketika Roggeveen datang pada 1722. Kapten James Cook juga melihat banyak moai yang berdiri ketika dia mendarat di pulau pada 1774. Hingga abad ke-19, seluruh patung telah tumbang akibat peperangan internecine.

"Rongorongo"

Ada berbagai lembaran yang ditemukan di pulau yang berisikan tulisan misterius. Tulisan, yang dikenal dengan Rongorongo, belum dapat diuraikan walaupun berbagai generasi ahli bahasa telah berusaha. Seorang sarjana Hongaria, Wilhelm atau Guillaume de Hevesy, pada 1932 menarik perhatian tentang kesamaan antara beberapa karakter rongorongo Pulau Paskah dan tulisan pra-sejarah Lembah Indus di India, yang menghubungkan lusinan (sedkitnya 40) rongorongo dengan tanda cap dari Mohenjo-daro. Hubungan ini telah diterbitkan kembali di berbagai buku. Arti rongorongo kemungkinan ialah damai-damai, dan tulisannya mungkin mencatat dokumen perjanjian damai, misalnya antara yang bertelinga panjang dan penguasa bertelinga pendek. Namun, penjelasan tersebut masih dalam perdebatan.

















Bab III
Penutup


Kesimpulan

Bangsa Polinesia adalah orang yang tinggal di pulau-pulau di tengah Samudera Pasifik pada daerah kepulauan segitiga yang terdiri dari Hawaii sampai ke Pulau Paskah dan Selandia Baru. Diperkirakan Ada 10.000 pulau di Polinesia dan timur Pasifik lainnya dengan ratusan budaya yang berbeda, masing-masing mempunyai sejarahnya sendiri. Berdasarkan bahasa yang dipergunakan oleh ras Polinesia ini kurang lebih berjumlah 16 bahasa yang berasal dari satu rumpun, antara lain Samoa, Tonga, Tahiti, Hawaii dan Maori.

      Kini suku-suku Samoa, Tonga, Tahiti, Hawaii dan Maori tersebar diberbagai Negara yang termasuk dalam bangsa polinesia yaitu

·         American Samoa (Samoa Amerika)
·         Cook Island (Kepulauan Cook)

·         French Polynesia (Polinesia Perancis)

·         Hawaii

·         New Zealand (Selandia Baru)

·        Niue

·         Pulau Paskah







Daftar Pustaka


Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Mei 2012. www.wikipedia.com


0 komentar:

Posting Komentar

Minggu, 29 Juli 2012

Sejarah Australian dan Oceania, Polinesia; American Samoa, Cook Island, French Polynesia, Hawai, New Zealand

Diposting oleh Unknown di 07.31


BAB I
PENDAHULUAN
  • Latar Belakang
Bangsa Polinesia adalah orang yang tinggal di pulau-pulau di tengah Samudera Pasifik pada daerah kepulauan segitiga yang terdiri dari Hawaii sampai ke Pulau Paskah dan Selandia Baru. Diperkirakan Ada 10.000 pulau di Polinesia dan timur Pasifik lainnya dengan ratusan budaya yang berbeda, masing-masing mempunyai sejarahnya sendiri. Berdasarkan bahasa yang dipergunakan oleh ras Polinesia ini kurang lebih berjumlah 16 bahasa yang berasal dari satu rumpun, antara lain Samoa, Tonga, Tahiti, Hawaii dan Maori.

Lanjut yak...
Bayak pulau Polinesia yang diperkirakan telah ditempati sejak 40.000 tahun lalu oleh orang-orang dari Asia Tenggara. 2000 tahun lalu, pendatang gelombang kedua bergerak ke arah timur dari Fiji, Samoa, dan Tonga menuju Pulau Marquesas. Para pendatang menyebrangi lautan dengan perahu kano kecil. Sekitar tahun 400, bangsa Polinesia Baru pindah ke Hawaii dan Pulau Paskah. Penduduk Pulau Paskah menciptakan patung batu unik yang dinamakan moai, dipahat dengan alat dari batu.

·         Rumusan Masalah
  1. Negara apa saja yang termasuk kedalam polinesia??
  2. Bagaimana perkembaangan tentang sistem pemerintahan dan politik di Negara-negara tersebut??

  • Tujuan
  1. Untuk menambah wawasan tentang Negara-negara yang termasuk kedalam bangsa polinesia
  2. Pembahasan mendalam yang terkait asal-usul, pemerintahan, sejarah dan kebudayaannya.

BAB II
PEMBAHASAN
1.     American Samoa (Samoa Amerika)

-        Lokasi Samoa Amerika

Samoa Amerika (bahasa Inggris: American Samoa), juga disebut dengan Samoa Timur, adalah sebuah wilayah tak terorganisasi dan terpisah milik Amerika Serikat yang berada di bagian selatan dari Samudera Pasifik, di timur negara Samoa.
Populasinya pada 2003 berjumlah 70.260 jiwa dengan kepadatan penduduk 353/km².

-          Sejarah Samoa
Samoa diketemukan oleh seorang Belanda yang bernama Jacob Roggeveen pada tahun
1722. Bentuk negara saat itu adalah Kerajaan Samoa. Pada abad ke 19 bagian-bagian dari kerajaan ini dipecah dan menjadi rebutan antara Inggris, Jerman dan Amerika Serikat.
Raja yang berkuasa saat itu adalah Raja Malietoa Laupepa yang meninggal pada tahun 1898 dan diganti oleh Malietoa Tooa Mataafa. AS dan Inggris seperti kebiasaan saat itu, dengan latar belakang politik dan ekonomis demi kepentingan mereka sendiri mendukung Malietoa Tanu, putra dari alm raja Laupepa. Pada tanggal 15 maret 1899, kapal2 A.S. dan Inggris menghujani ibu kota Apia dengan bom-bom.
Pada perjanjian Samoa Tripartiete Convention akhirnya diputuskan membagi kepulauan-kepulauan Samoa menjadi tiga bagian. Inggris mendapatkan bagian dari Samoa yang dinamakan Salomons Islands, AS mengambil bagian yang dinamakan Samoa Amerika (American Samoa), sedangkan Jerman mendapatkan bagian yang sekarang menjadi Samoa merdeka.
Bentuk kerajaan seperti saat itu akhirnya dihapus. Baru sekitar tahun 1908 penduduk mulai memberontak melawan pemerintahan Jerman. Baru setelah Jerman terlibat PD I, Selandia Baru mulai menyerbu Samoa Jerman ini. Jerman sendiri yang saat itu terlibat Perang di Eropa tidak mempunyai tentara yang mempertahankan pulau ini sehingga akhir nya menyerah dan diambil alih oleh Selandia Baru sampai adanya perjanjian Versailles di mana Samoa menjadi territorial mandat dari PBB. Pada pada tanggal 1 Januari 1962 mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya dan sekaligus merupakan Negara bebas Polinesia yang pertama pada abad ke 20.
Letak Samoa berada di sebelah timur dari dateline disebelah selatan dari garis katulistiwa, di antara Selandia Baru dan Hawaii.
Samoa sendiri terdiri dari dua pulau besar Upolu and Savai' dan delapan pulau-pulau kecil di selat Apolima (Manono Island, Apolima en Nu'ulopa), dan empat kepulauan Aleipata di sebelah timur dari Upolu (Nu'utele, Nu'ulua, Namua, en Fanuatapu), dan pulau kecil sekali Nu'usafe'e yang luasnya belum ada 0,01 km², di sebelah selatan dari Upolu.
75% dari penduduk tinggal di pulau utama Upolu. Di mana ibu kota Apia juga berada. Iklimnya adalah tropis, dengan temperatur rata-rata sepanjang tahun sekitar 26,5 °C.
Seperti juga dengan Indonesia, musim hujan berlangsung dari Nopember sampai April. Savai'i adalah pulau yang terbesar dari Samoa dan ke enam dari semua pulau-pulau di Polinesia, sedangkan jumlah penduduk hanya sekitar 42.000 orang.


2.     Cook Island (Kepulauan Cook)

:Maori dan Inggris
 - 
 - 
Dari Britania Raya                       : 4 Agustus 1965



 - 
Total
:240 km2 (206)
 - 
Air (%)
:1
 - 
Perkiraan 2010
:18.723 (218)
 - 
Sensus 2006
:19,569 
 - 
:76/km2 (124)
PDB (KKB)
:Perkiraan 2005
 - 
Total
:$183.2 juta 
 - 
:$183.2 
:Dolar
:(
Dolar selalu digunakan) (NZD)
:(UTC-10)
.:ck
:682








Kepulauan Cook adalah sebuah pemerintahan-sendiri parlementer demokrasi dalam asosiasi bebas dengan Selandia Baru. Kelima belas pulau di selatan Samudra Pasifik ini memiliki luas wilayah 220 km². Ibu kotanya adalah Avarua yang terletak di Rarotonga, pulau terbesar. Pariwisata menyetir ekonomi pulau ini sebagai industri nomor satu, jauh di atas perbankan, mutiara, kelautan dan ekspor buah-buahan. Jenis seni populer pulau ini adalah tivaivai, serupa dengan quilt. Kepulauan Cook juga dinamakan sesudah Captain James Cook dari Inggris.

3.     French Polynesia (Polinesia Perancis)







 - 
Total
:4.167 km2 (173)
 - 
Air (%)
:12
 - 
Perkiraan -
:- (-)
 - 
Sensus 2007
:259,596 
 - 
:62/km2 (130)
PDB (KKB)
Perkiraan -
 - 
Total
:- (-)
 - 
:- (-)
:(UTC-10)
:pf
:689
Polinesia Perancis adalah sebuah komunitas seberang laut (collectivité d'outre-mer/COM) Perancis yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Wilayah ini menikmati status otonomi yang lebih tinggi di antara COM-COM lainnya. Terhitung Februari 2004, wilayah ini juga menyandang status negara seberang laut (pays d'outre-mer) yang bersifat non-legal.
Polinesia Perancis terdiri dari beberapa gugus di Kepulauan Polinesia, di antaranya Pulau Tahiti yang termasuk dalam Kepulauan Society. Papeete, ibu kota Polinesia Perancis, berada di Tahiti.

4.     Hawaii

:Honolulu
Area 
 - Total
:28,311 km²
 - Lebar
:n/a km
 - Panjang
:2,450 km
 - % perairan
:41.2
 - Lintang
:18° 55′ N to 28° 27′ N
 - Bujur
:154° 48′ W to 178° 22′ W
 - Total (2000)
:1.,295.178 (2010)

$63,746 (ke-5)

 - Titik tertinggi
Mauna Kea
4,205 m
 - Rata-rata
925 m
 - Titik terendah
:21 Agustus 1959 (ke-50)






Pulau Hawai - Negara Bagian Amerika Serikat

Kondisi Alam di Pulau Hawai

Kepadatan Penduduk di Pulau Hawai

Pulau Hawai yang Indah dan Menawan

James Cook Menginjakkan Kaki di Pulau Hawai




5.     New Zealand (Selandia Baru)

A.    Penduduk Asli Selandia Baru

      Selandia Baru pertama kali di temukan oleh seorang nahkoda bernama Kupe yang telah melakukanperjalanan dari Hawaiki di Pasifik Tengah kurang lebih 1000 tahun yang lalu .Perjalanan Kupe dalam menangkap burung mao yang merupakan makanan utama mereka dan mencari dunia baru.Rombongan itu menemukan burung Mao yang banyak terdapat di Selandia Baru.Merekapun memutuskan untuk menetap di daerah sana dan menjulukinya Aotearoa yang berarti “negeri awan putih bergerak”.Suku pendatang inipun di namani suku maori sebagai penduduk asli Selandia Baru.

-          Teori Asal –usul Suku Maori:

1. Teori menyebutkan bahwa mereka berdarah kaukasus dan melayu yang masih termasuk ras indo German atau ras Polynesia.
2. Teori Dahl ,berpendapat bahwa bangsa Polynesia telah datang dari arah lain yaitu Asia tenggara .Penyebaran mereka sendiri di bagi menjadi tiga kelompok ,yaitu sebagian menempati Hawaii ,Pulau Paska dan ke selatan Selandia Baru.
3. Berdasarkan penelitian Thro Heyerdhal pada tahun 1949 yang mencoba mengungkap perjalanan bangsa Polynesia menyebutkan bhwa telah terjadi pelayaran dari pantai Amerika Selatan menyeberangi Samudera Pasifik sampai kawasan Pasifik sekarang.
              Teori yang menyatakan adanya kesamaan ketiga bangsa tersebut di dukung oleh para Arkeolog dan etnologi .Para Arkeolog menemeukan alat –alat kuno ,barang perhiasan dan banyaknya mitos serta legend DI Selandia  Baru serupa dengan di pulau –pulau yang di huni orang Polynesia.

-          Kebudayaan Suku  Maori

1). kebudayaan Maori  tanah (budaya rumah Maori ),Peradaban mereka masih sangat primitive tetapi lebih maju di bandingkan orang Aborigin.Kehidupan mereka berpindah –pindah ,tetapi dengan seiring berkurangnya persedian makanan ,suku Maoripun menetap dan bercocok tanam .
2). Makanan pokok mereka ialah Kumara (kentang kecil manis)dan buah –buahan .Kebutuhan akan kumara dan buah menyebabkan mereka mengembangakan perkebunan serta system penyimpanan yang baik.
3). Setelah menetap Perkembangan kebudyaann suku Maoripun Nampak mambangaun perkampungan –perkampungan dengan benteng –benteng untuk pertahanaan ,membersihkan tanah untuk berladang dan hasilnya di simpan untuk keperluan bersama dan waktu yang lama.
4). Setiap suku memiliki kepala suku yang di sebut Rangatira.Sebagian besar mereka hidup di daerah gunung berapi yang memiliki sumber air panas untuk keperluan hidup.
5). Marae yaitu tempat pertemuan dan tanah sekitarnya merupakan kehidupanan masyarakat suku maori,bentuknya seperti rupa manusia dan diberi nama salah satu leluhur mereka .
6). Mana (tempat pemujaan orang mulia ) hal ini yang menjadi penyebab perang antar suku.
7). Kebiasaan mengukir dan menganyam suku maori ,mengukir adalah seni bagi orang laki-laki dan anyaman di kerjakan oleh perempuan
8). Kepercayaan suku maori ialah Polyteisme ,namun setelah kedatangan misi penyebaran agama Kristen yang di bawa oleh Samuel Mars Deeen 1814 pastur  gereja Anglikan penduduk suku Maori tertarik dengan ajaran Kristen.

B.     Potensi Selandia Baru

          Selandia Baru memiliki kekayaan Laut yang sangat banyak terutama ikan Paus dan anjing laut .Perdagggangan Selandia Baru termasuk ramai dan berkembang pesat dan penduduk aslipun ikut terlibat dalam kegiatan ekonomi .
Pada tahun 1839,seluruh Selandi Baru terjadi perkembangan .Berbagai tanamaan di kembangkan di pulau selatan ,seperti : Padi –padian dan Gandum .
             Tahun 1960 di temukan emas id Pulau selatan yang mengakibatkan para pencari emas berebutan . Sedangkan Pulau di Utara di kembangkan untuk sapi perah yang di lakukan oleh Inggris.
             Para penjajah Inggris berhasil membeli tanah dengan harga murah.Karena,waktu itu belum ada hukum yang mengatur tingkah laku orang berkulit putih dengan suku Maori. Mereka mendirikan perkampungan terpisah dari suku maori,lambat laun terjadi kesenjangan sehingga konfrontasi terbuka antara penduduk suku maori dengna orang inggris ,tanha milik Maori di beli secara paksa yang menyebabkan hilangnya identitas pribadio Maori.
            Pemeirntah Inggris mengambil tindakan untuk mengakhiri kekacauan ini sehingga pada tanggal 6 Februari 1840 terjadi kesepakatan Selandia Baru di jadikan daerah crown colony of the great Britain ,isi perjanijiannya SBB :
-          Bangsa Maori menyerahkan hak kekuasaan kepada Ratu inggris untuk membuat undang-undang
-          Maori akan tetap mempunyai hak tunggal sepenuhya yang tidak dapat di ganggu gugat.Bila Maori menjual tanah hanya kerajaan Inggris yang membeli .
-          Bangsa Maori di jamin mempunyai hak seperti warga Inggris .
Pada tahun 1841 ,kapten wililam Hab Soon di angkat Gub.jenderal pertama di Selandia Baru ,Pemerintahannya berkedudukan di Auckland kemudian di pindahkan ke Wlilngton yang kini menjadi ibu kota.Perkembangan Selandia Baru sangat pesat sehingga para imigran eropa dari athun ke tahun semakin meningkat .

C.    Sistem Politik di Selandia Baru

-          Wilayah Selandia baru di bagi 6 provinisi,ibu kota negaranya di Welington .Sistem pemrintahannya ialah Parlementer yang mirip Australia .Pemilhan Umum di laksankan 3 tahun sekali untuk memilih DPR dan Gub.Jendral ,Perdana menteri di pilih dari partai Mayoritas di DPR.Perdana Menteri juga memimpin Badan Eksekutif .
-          Badan Yudikatif Selandia Baru ,bersifat pengadilan bebas,bentuknya yaitu pengadilan Tinggi dan Pengadilan rendah ,serta terdapat panita peradialn majelis pribadi.
-          Politk Luar Negeri lebih banyak dalam rangka mendukung politik dalam negeri.Mereka berhubungan dengan negara –negara di Seluruh Dunia.Termasuk Indonesia dalam membangun kerja sama ASEAN ,hubungan kerjasama ekonomi ,hubungan pertahan dan keamanan seperti di lakukannya latihan-latihan bersama prajurit Selandia Baru –Indonesia .hal ini karean ,Selandia Baru menganggap pentingnya posisi Inodnesia dalm garis pertahan mereka terhadap kawasan utara yaitu Asia Tenggara.

6.     Niue
Wilayah
 – Total
 – % air

 260 km²
 0
Penduduk
 – Total (
2006)

 2.166
Didirikan
 – Tanggal
UTC -11
683
.nu

Niue adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik Selatan yang dijuluki "Karang Polinesia". Walaupun memiliki pemerintahan tersendiri, Niue berasosiasi secara bebas dengan Selandia Baru. Ini berarti pemimpin Selandia Baru juga berstatus sebagai kepala negara Niue, dan kebanyakan hubungan diplomatik Niue diatur oleh sang negara induk. Niue terletak 2.400 km sebelah timur laut Selandia Baru.
Walaupun pulau ini merupakan salah satu bagian dari New Zealand tetapi pulau ini mencetak uang mereka sendiri yaitu Nieu Dollar dan disaat yang sama mereka menggunakan Dollar Selandia Baru. Pulau berpopulasi 1.398 orang dan memiliki beberapa desa dengan desa terbesarnya yaitu desa Hakupu dan ibukota pulau ini adalah Alofi.


7.     Pulau Paskah
Pulau Paskah merupakan sebuah pulau dibawah kekuasaan Chili yang terletak di selatan Samudra Pasifik. Walaupun jaraknya 3.515 km sebelah barat Chili Daratan, secara administratif ia termasuk dalam Provinsi Valparaiso. Pulau Paskah berbentuk seperti segitiga. Daratan terdekat yang berpenghuni ialah Pulau Pitcairn yang jaraknya 2.075 km sebelah barat. Luas Pulau Paskah sebesar 163,6 km². Menurut sensus 2002, populasinya berjumlah 3.791 jiwa yang mayoritasnya menetap di ibukota Hanga Roa. Pulau ini terkenal dengan banyaknya patung-patung (moai), patung berusia 400 tahun yang dipahat dari batu yang kini terletak di sepanjang garis pantai.
·         Sejarah Pulau Paskah
Orang yang pertama kali menempati Pulau Paskah adalah keturunan imigran dari Polinesia yang kemungkinan berasal dari Pulau Mangareva atau Pitcairn di sebelah barat. Sejarah pulau ini dapat dihubungkan berkat daftar raja Pulau Paskah yang telah direkonstruksi, lengkap dengan rangkaian peristiwa dan tanggal perkiraan sejak tahun 400. Penghuni asal Polinesia tersebut membawa sejumlah pisang, talas, ubi manis, tebu, bebesaran kertas (paper mulberry) dan ayam. Pada suatu masa, pulau ini menopang peradaban yang relatif maju dan kompleks.
Ahli navigasi asal Belanda Jakob Roggeveen menemukan Pulau Paskah pada Hari Paskah tahun 1722. Roggeveen memperkirakan sekitar 2.000-3.000 orang menghuni pulau ini, tetapi ternyata jumlah penduduk mencapai 10.000-15.000 jiwa pada abad ke-16 dan 17. Peradaban Pulau Paskah telah merosot secara drastis semenjak 100 tahun sebelum kedatangan Belanda, terutama akibat terlalu padatnya jumlah penduduk, penebangan hutan dan eksploitasi sumber daya alam yang terbatas di pulau yang amat terisolasi ini. Namun, hingga pertengahan abad ke-19, populasi telah bertambah hingga mencapai 4.000 jiwa. Hanya berselang waktu 20 tahun kemudian, deportasi ke Peru dan Chili serta berbagai penyakit yang dibawa oleh orang Barat hampir memusnahkan seluruh populasi, dengan hanya 111 penduduk di pulau ini pada 1877. Pulau ini dianeksasi oleh Chili pada 1888 oleh Policarpo Toro. Jumlah penduduk asli suku Rapanui perlahan-lahan telah bertambah dari rekor terendah berjumlah 111 jiwa.
Perlu diketahui bahwa nama "Rapa Nui" bukan nama asli Pulau Paskah yang diberikan oleh suku Rapanui. Nama itu diciptakan oleh para imigran pekerja dari suku asli Rapa di Kepulauan Bass yang menyamakannya dengan kampung halamannya. Nama yang diberikan suku Rapanui bagi pulau ini adalah Te pito o te henua ("Puser Dunia") karena keterpencilannya, namun sebutan ini juga diambil dari lokasi lain, mungkin dari sebuah bangunan di Marquesas.
Peristiwa-peristiwa baru-baru ini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan pada sektor pariwisata, ditambah dengan besarnya jumlah orang yang datang dari daratan Chili sehingga mengancam keidentikan Polinesia di Pulau Paskah. Masalah kepemilikan tanah telah menciptakan ketegangan politik pada 20 tahun terakhir, dengan beberapa suku asli Rapanui menentang properti pribadi melainkan setuju dengan tanah tradisional milik bersama.
·         Kebudayaan di Pulau Paskah
Patung-patung besar dari batu, atau moai, yang menjadi simbol Pulau Paskah dipahat pada masa yang lebih dahulu dari yang diperkirakan. Arkeologis kini memperkirakan pemahatan tersebut berlangsung antara 1600 dan 1730, patung yang terakhir dipahat ketika Jakob Roggeveen menemukan pulau ini. Terdapat lebih dari 600 patung batu monolitis besar (moai). Walaupun bagian yang sering terlihat hanyalah "kepala", moai sebenarnya mempunyai batang tubuh yang lengkap; namun banyak moai yang telah tertimbun hingga lehernya. Kebanyakan dipahat dari batu di Rano Raraku. Tambang di sana sepertinya telah ditinggalkan dengan tiba-tiba, dengan patung-patung setengah jadi yang ditinggalkan di batu. Teori populer menyatakan bahwa moai tersebut dipahat oleh penduduk Polinesia (Rapanui) pada saat pulau ini kebanyakan berupa pepohonan dan sumber alam masih banyak yang menopang populasi 10.000-15.000 penduduk asli Rapanui. Mayoritas moai masih berdiri tegak ketika Roggeveen datang pada 1722. Kapten James Cook juga melihat banyak moai yang berdiri ketika dia mendarat di pulau pada 1774. Hingga abad ke-19, seluruh patung telah tumbang akibat peperangan internecine.

"Rongorongo"

Ada berbagai lembaran yang ditemukan di pulau yang berisikan tulisan misterius. Tulisan, yang dikenal dengan Rongorongo, belum dapat diuraikan walaupun berbagai generasi ahli bahasa telah berusaha. Seorang sarjana Hongaria, Wilhelm atau Guillaume de Hevesy, pada 1932 menarik perhatian tentang kesamaan antara beberapa karakter rongorongo Pulau Paskah dan tulisan pra-sejarah Lembah Indus di India, yang menghubungkan lusinan (sedkitnya 40) rongorongo dengan tanda cap dari Mohenjo-daro. Hubungan ini telah diterbitkan kembali di berbagai buku. Arti rongorongo kemungkinan ialah damai-damai, dan tulisannya mungkin mencatat dokumen perjanjian damai, misalnya antara yang bertelinga panjang dan penguasa bertelinga pendek. Namun, penjelasan tersebut masih dalam perdebatan.

















Bab III
Penutup


Kesimpulan

Bangsa Polinesia adalah orang yang tinggal di pulau-pulau di tengah Samudera Pasifik pada daerah kepulauan segitiga yang terdiri dari Hawaii sampai ke Pulau Paskah dan Selandia Baru. Diperkirakan Ada 10.000 pulau di Polinesia dan timur Pasifik lainnya dengan ratusan budaya yang berbeda, masing-masing mempunyai sejarahnya sendiri. Berdasarkan bahasa yang dipergunakan oleh ras Polinesia ini kurang lebih berjumlah 16 bahasa yang berasal dari satu rumpun, antara lain Samoa, Tonga, Tahiti, Hawaii dan Maori.

      Kini suku-suku Samoa, Tonga, Tahiti, Hawaii dan Maori tersebar diberbagai Negara yang termasuk dalam bangsa polinesia yaitu

·         American Samoa (Samoa Amerika)
·         Cook Island (Kepulauan Cook)

·         French Polynesia (Polinesia Perancis)

·         Hawaii

·         New Zealand (Selandia Baru)

·        Niue

·         Pulau Paskah







Daftar Pustaka


Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Mei 2012. www.wikipedia.com


0 komentar on "Sejarah Australian dan Oceania, Polinesia; American Samoa, Cook Island, French Polynesia, Hawai, New Zealand"

Posting Komentar

 

Little World Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea